Monday 3 February 2014

Resep Cara Mebuat Es Cendol Manis Segar


Resep Cara Mebuat Es Cendol Manis Segar - Es cendol adalah salah satu minuman yang paling cocok untuk suasana panas seperti ini. Rasanya yang manis dan dingin menyegarkan membuat tubuh terasa rileks dengan segala aktifitas. Tidak hanya itu, es cendol juga sering muncul di saat Bulan Ramadhan. Banyak sekali es cendol di jajakan menjelang berbuka puasa. Tidak ada salahnya kan jika anda membuat sendiri dirumah . Ini dia saya akan bahas Resep Cara Mebuat Es Cendol Manis Segar. selengkapnya :


Resep Cara Mebuat Es Cendol Manis Segar

Bahan bikin cendol :

100 gram tepung hunkwe
50 gram tepung beras
100 ml air + daun pandan dan suji secukupnya, peras dan saring
1 sdt garam
700 ml air

Saus Gula :

500 gram gula merah
100 gram gula pasir
300 ml air
3 lembar daun pandan

Saus Santan :

1000 ml santan
½ sdt garam
2 lembar daun pandan

CARA MEMBUAT CENDOL DAWET SEGAR MANIS :
  • Campurkan tepung hunkwe, tepung beras, air, garam dan air pandan suji. Aduk rata lalu masak di atas api kecil sambil diaduk perlahan hingga matang, kental dan meletup-letup.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan cendol sedikit demi sedikit sambil ditekan-tekan hingga keluar, siapkan pula wadah berisi air dingin untuk menampung butiran cendol. Simpan dalam lemari es supaya tetap segar.
  • Masak bahan saus gula hingga mendidih dan gula larut, saring dan sisihkan. Untuk bahan saus santan juga dididihkan.
  • Siapkan gelas atau mangkuk saji, masukkan cendol yang sudah ditiriskan, siram dengan saus santan dan saus gula lalu sajikan segar dingin dengan es batu atau es serut.

Jenis dan kualitas tepung yang digunakan akan mempengaruhi takaran air yang diperlukan. Sebaiknya air jangan dicampur seluruhnya, jika adonan cendol terlalu kental saat dimasak, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mendapatkan kekentalan adonan yang diharapkan dan mudah dibentuk.

gimana .,??? mudah dan simple bukan cara pembuatannya. semoga Resep Cara Mebuat Es Cendol Manis Segar ini anda pergunakan dengan seksama. selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment