Thursday 22 May 2014

Resep Cara Membuat Sup Kerang Spesial Enak


Resep Cara Membuat Ikan Salmon Bakar Enax - Kerang merupakan salah satu biota laut yang kaya akan kandungan gizi. Kandungan gizi yang terkadnung dalam kerang sebenarnya hampir sama dengan biota laut. Kerang juga dikenal dengan salah satu sumber protein hewani yang tergolong dalam Complete Protein. 

Walaupun kerang mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda mengonsumsi kerang. :
  • Pilihlah kerang mentah yang masih segar dan cangkangnya utuh, tidak retak atau pecah. Cangkang kerang atau tiram yang masih hidup akan segera menutup bila dipegang dengan tangan.
  • Bagi penggemar kerang hijau juga harus hati – hati dalam memilih kerang yang akan di beli. Kerang hijau hidup di perairan tercemar maka dagingnya juga akan ikut terkontaminasi sehingga berbahaya bagi manusia yang mengkonsumsinya. Namun hal tersebut dapat dihindari dengan beberapa cara diantaranya dengan memindahkan kerang tersebut selama 15 hari di lokasi yang tidak tercemar atau direndam selama 72 jam dalam air bak berisi air bersih yang mengalir
  • Kerang mengandung kolesterol yang cukup tinggi 67 mg/ 100gr, dan konsumsi kolesterol per hari yang dianjurkan maksimal sekitar 300 mg. Tidak dianjurkan mengkonsumsi kerang berlebihan. Satu porsi kecil setiap harinya sudah cukup untuk mendapatkan semua manfaatnya.
  • Kerang mengandung basa purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Pengidap penyakit asam urat atau gout lebih baik menghindari atau membatasi konsumsi kerang.

Berikut ini salah satu cara untuk menikmati kerang yang terangkum dalam Resep Cara Membuat Sup Kerang Spesial Enak. Selengkapnya mengenai cara mebuat dan bahan nya berikut ini :
Resep Cara Membuat Sup Kerang Spesial Enak

Bahan Bahan:

3 sdm minyak goreng
5 siung bawang putih,haluskan
3 cabai halus
10 cabai rawit
2 batang serai, memarkan
1 liter air
750 g kerang, cuci bersih
5 sdm kecap ikan
4 batang daun bawang, potong-potong
3 batang daun ketumbar
Garam, merica bubuk secukupnya
3 sdm air jeruk nipis

Cara Pembuatan :
  1. langkah pertama Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang putih dan cabai giling hingga berbau harum.
  2. kemudian anda masukkan cabai rawit dan serai yang telah di memarkan, aduk-aduk hingga rata. Kemudian, tuangkan air, masak hingga mendidih.
  3. lalu Tambahkan kerang dan tahu, masak hingga cangkangnya terbuka. Beri kecap ikan, daun bawang, daun ketumbar, garam dan merica. Masak hingga matang.
  4. Beri air jeruk nipis sebelum sup diangkat, dan masukkan bawang goreng agar lebih sedap.
  5. Sajikan.


BaRgaimana dengan resep Cara Membuat Sup Kerang Spesial Enak ini. mudah bukan step by step nya. Bagikan juga resep ini dengan kerabat lain. Selamat mencoba. Baca juga resep ain kami yang sudah kami publish terebih dahulu sebelumnya seperti : Resep cara membuat sambel jenggot

0 comments:

Post a Comment